Selasa, 18 Agustus 2009

Marketing adalah Melayani

"Menjadi Penjual Di Dunia Nyata Berarti Anda Memahami Semua Sudut Pasar Yang Anda Lalui Secara Inci Per Inci. Anda Adalah Penjual Di Dunia Nyata, Bukan Penjual Dari Konsep Dan Teori Yang Ada Di Text Book Anda."-Djajendra








Seorang penjual adalah pribadi yang harus bertindak untuk melayani pelanggannya dengan penuh hormat, bukan sekedar menjual berdasarkan konsep dan teori text book marketing yang ada. Tetapi seorang penjual haruslah seorang pemasar yang mampu mencium beraneka macam wangi dan baunya pasar. Ingat! Kebanyakan text book marketing adalah hasil karya para ahli yang berlandaskan riset, dan para ahli tersebut belum tentu memahami berbagai macam wangi dan baunya target pasar Anda. Para ahli menulis buku melalui riset dari persepsi mereka dalam melihat pasar dan pembelinya, bukan persepsi Anda. Jadi, bacalah buku para ahli marketing itu, tapi pergilah ketarget pasar Anda, dan tulislah buku Anda sendiri dengan persepsi Anda terhadap target pasar Anda.
Marketing adalah melayani, jadi pekerjaan marketing adalah pekerjaan melayani pelanggan dengan sebaik mungkin, bukan sekedar duduk dibelakang meja, dan hanya perintah sana-perintah sini kepada anak buah.
Anda adalah pemasar di dunia nyata, pemasar dunia nyata adalah penjual dengan seribu satu akal yang hebat dan kreatif. Jangan pernah sekedar berkutak-katik dalam obsesi bersama karya-karya text book marketing, tapi pergilah keluar ruang kerja Anda, dan berkelilinglah kesetiap lokasi target pasar Anda, agar Anda dapat mencium sendiri aneka macam wangi dan bau yang ada ditarget pasar Anda.
Menjadi penjual di dunia nyata berarti Anda memahami semua sudut pasar yang Anda lalui secara inci per inci. Anda adalah penjual di dunia nyata, bukan penjual dari konsep dan teori yang ada di text book Anda.
Seorang penjual sejati memiliki penciuman yang hebat terhadap apa-apa saja yang ada dipasarnya, ia selalu mampu melihat semua potensi pembeli, dan ia juga tahu semua sasaran yang tepat buat menjual produknya.
Ia tidak akan membuang-buang kesempatan untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak. Karena ia tahu bahwa semakin banyak pelanggan berkualitas bersamanya, ia akan semakin bersinar menjadi bintang marketing.
Seorang pemasar profesional pasti akan selalu mempelajari sasarannya dengan cermat terlebih dahulu. Kemudian barulah ia akan menyusun rencana dan target pemasaran yang kuat agar mengakar ke target pasarnya.
Langkah marketing tidaklah boleh sembarangan mengobral janji melalui propaganda iklan yang hebat, tapi haruslah melalui bukti pelayanan berkualitas tinggi, yang mampu membuat pelanggan terpesona dan merasa nyaman dengan janji dan komitmen Anda. Oleh sebab itu, pemasar atau penjual haruslah bertindak dari hati terdalam untuk melayani semua pelanggannya dengan tulus dan ikhlas tanpa pamrih.
Walau tugas marketing penuh dengan pamrih, tapi dalam pendekatan pelayanan cobalah bersikap tulus, ikhlas, profesional, sopan, baik, peduli, perhatian, dan tanpa pamrih.
Pastikan Anda mampu memetakan semua lanskap pasar Anda secara cermat, dan Anda mampu mengikuti semua perubahan dari mindset pasar, agar Anda tidak ketinggalan zaman untuk bisa melayani pelanggan Anda sesuai harapan dan persepsi para pelanggan Anda.
Ingat! Tidak semua pelanggan Anda cukup dibungkam dengan teori harga, yaitu semakin tinggi diskon semakin banyak pembeli yang beli. Pasti ada banyak pelanggan Anda yang tidak butuh dengan diskon-diskonan, ataupun harga murah akibat kompetisi banting-bantingan harga, hanya pembeli yang tidak loyal biasanya tertarik dengan kompetisi banting-bantingan harga, dan biasanya mereka hanya membeli produk Anda, karena harga murah, bukan karena produk Anda hebat atau berkualitas.

Terima kasih
 
Design Downloaded from Free Blogger Templates | Free Website Templates